Monday, February 28, 2011

Cara Membuat Cursor Animasi

Waaawww, 5 hari yang lalu ada yang request ke email saya dari mas "A". Begini katanya, "Mas, saya mau tau cara membuat cursor yang unik seperti yang ada di profil friendster dan yang ada di blog lainnya. Tiap kali saya blogwalking saya selalu ngiri nih liat blog teman yang punya cursor yang unik itu. Bantuin saya donk mas, saya juga mau bikin yang seperi itu...". Setelah baca request itu saya langsung kaget! Kaget bukan karena saya tidak tau caranya, tapi kaget karena itu adalah request pertama yang masuk ke inbox saya, hehe... Ok, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat cursor animasi seperi yang diminta mas "A" itu.

Untuk memasang sebuah cursor animasi di blog, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan cursor yang akan dipakai. Cari aja di mbah google, atau kalau mau cepat klik aja disini. Setelah anda sampai di situs tersebut, pilih dan kemudian simpan file cursor anda (biasanya berekstensi .ani). Jika sudah, upload file cursor itu ke sebuah image hosting, misalnya Photobucket.com. Setelah meng-upload, simpan url cursor tersebut.

Sekarang kita, beralih ke pemasangan di blog.

1. Login ke akun Blogger anda

2. Plih Layout > Edit HTML 

3. Cari kode yang hampir sama dengan kode berikut:
body {
font: 100% Arial, Helvetica;
background: #f3f6f7;
color: #333;
}


4. Udah ketemu kan? Selanjutnya paste kode berikut di bawah kode body { :
cursor: url("URL-CURSOR-ANDA");

5. Terakhir, klik Save Template.

Selamat mencoba...

Jangan lupa kasih komentar ya...

Luangkanlah Sedikit Waktu Sobat Untuk Memperindah Blog Ini Dengan Berkomentar,,

PERINGATAN,,!!!
Bagi Sobat Yang ingin berkomentar, mohon sesuaikan dengan tema pada postingan, dan saya mohon untuk tidak mencantumkan link (URL) pada komentar karena akan saya anggap spam dan mohon maaf apabila saya hapus komentar Sobat,,!!!
EmoticonEmoticon